Blogger Widgets
Powered By Blogger

Sabtu, 13 Juni 2015

laporan praktikum kewirausahaan mencari peluang usaha


LAPORAN PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN
MENCARI PELUANG USAHA BERDASARKAN PENELITIAN IPTEK
 DAN MAJALAH POPULER
Disusun oleh :
         Nama            : Nico Dwi Ardiyansah
         NPM             : E1J013079
         Dosen pemb. : Dr.Ir.Dwi Wahyuni Ganefianti,Msi
         Coass            : Yessi

         
         HANGGAR KEWIRAUSAHAAN
       JURUSAN BUDIDAYA PERTANIAN
               FAKULTAS PERTANIAN
             UNIVERSITAS BENGKULU
                                 2015

BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

            Dalam kehidupan sehari-hari, masih banyak orang menafsirkan dan memandang bahwa kewirausahaan identik dengan yang dimiliki dan dilakukan oleh usahawan atau wiraswasta. Pandangan tersebut kurang tepat karena jiwa dan sikap kewirausahaan tidak hanya dimiliki oleh usahawan, namun juga oleh setiap orang yang berpikir kreatif dan bertindak inovatif, misalnya petani, karyawan, pegawai pemerintah, guru, mahasiswa, pimpinan proyek, dan lain sebagainya. Memang pada awalnya kewirausahaan dijumpai dalam dunia bisnis, akan tetapi akhir-akhir ini berkembang dalam berbagai aspek kehidupan.
Kewirausahaan (entrepreneurship), inti dan hakekatnya adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya peluang. Banyak orang, baik pengusaha maupun yang bukan pengusaha, meraih sukses karena memiliki kemampuan kreatif dan inovatif. Proses kreatif dan inovatif tersebut biasanya diawali dengan munculnya ide-ide dan pemikiran-pemikiran untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda.
Kreativitas (creativity) adalah kemampuan mengembangkan ide dan cara-cara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang (thinking new things). Sedangkan inovasi (innovation) adalah kemampuan menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang (doing new things). Sesuatu yang baru dan berbeda yang diciptakan wirausaha selain berbentuk hasil seperti barang dan jasa, juga bisa berbentuk proses seperti ide, metode, dan cara.
Nilai tambah yang tercipta adalah sumber peluang untuk sukses bagi wirausaha. Kreativitas akan muncul apabila wirausaha melihat sesuatu yang telah dianggap lama, dan berpikir sesuatu yang baru dan berbeda. Dengan demikian, sukses kewirausahaan akan tercapai apabila seseorang berpikir dan melakukan sesuatu yang baru atau sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.

1.2 Tujuan Praktikum
1. Merangsang pemikiran kreatif mahasiswa untuk menghasilkan produk barang atau jasa yang dapat dikembangkan dari skripsi /hasil-hasil penelitian
2. Mengidentifikasi peluang-peluang usaha yang didapatkan dari media informasi populer.
3. Membandingkan kemudahan informasi yang diperoleh dari skripsi atau majalah populer.
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
       Peluang usaha bersumber dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin mulai mewujudkan berwirausaha, hendaknya terlebih dahulu menjawab pertanyaan” “Apakah yang menjadi kebutuhan masyarakat atau kebanyakan anggota masyarakat saat ini atau di masa yang akan datang?”. Untuk memahami kebutuhan masyarakat diperlukan suatu diagnosa terhadap lingkungan usaha secara keseluruhan, yang meliputi faktor ekonomi, politik, pasar, persaingan, pemasok, teknologi, sosial dan geografi. Lingkungan usaha senantiasa berubah setiap saat, bahkan perubahan-nya cukup pesat dan seiring dengan itu terjadi pula perubahan kebutuhan masyarakat. Untuk menemukan peluang usaha yang prospektif seharusnya kita sebagai wirausahawan senantiasa mencari informasi yang terkait dengan perubahan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sumber informasi dapat diperoleh dari instansi/lembaga pemerintah, media massa, pasar atau mungkin melalui wawancara dengan konsumen. Jadi, peluang senantiasa ada karena perubahan-perubahan terus berlangsung baik di tingkat individu, maupun ditingkat masyarakat. Kemampuan kita melihat peluang sangat tergantung dari informasi yang kita peroleh tentang faktor lingkungan usaha (Daniels,2005).
Setelah mengetahui kebutuhan masyarakat dan berhasil menemukan berbagai lapangan usaha dan gagasan usaha, maka langkah berikutnya adalah menjawab pertanyaan: “Manakah di antara lapangan usaha dan gagasan-gagasan usaha tersebut yang paling tepat dan cocok untuk saya?” Pertanyaan ini sangat tepat, mengingat setiap orang memiliki potensi diri yang berbeda-beda. Tentunya dalam memilih lapangan usaha dan mengembangkan gagasan usaha, kita perlu menyesuaikan dengan potensi diri yang kita miliki. Kekeliruan dalam memilih yang disebabkan karena ketidakcocokan atau Ketidaksesuaian pada akhirnya akan mendatangkan kesulitan atau bahkan kegagalan di kemudian hari (Meredith,1996).
         Telah banyak fakta yang dapat dikemukakan, bahwa masih banyak wirausaha-wan yang memulai usahanya dengan melihat keberhasilan orang lain dalam menjalankan usahanya (latah atau ikut-ikutan). Pada hal belum tentu orang lain berhasil dalam suatu lapangan usaha, kita juga dapat berhasil dengan lapangan usaha yang sama. Mungkin saja orang lain berhasil karena potensi diri yang dimilikinya cocok dengan lapangan usaha tersebut dan kemampuan dia untuk mengakses informasi terkait dengan usaha yang dijalankannya (Gerald,2008).
Olehnya itu, dalam memilih lapangan usaha yang akan kita geluti, perlu dipertimbangkan hal-hal berikut:
a.      Usaha yang cocok untuk orang lain belum tentu cocok bagi kita.
b.      Lapangan usaha yang pada masa lalu menguntungkan, belum tentu pada saat ini masih menguntungkan, atau lapangan usaha yang menguntungkan saat ini belum tentu menguntungkan di masa yang akan datang (Tantri,2011).

BAB III
BAHAN DAN METODE
3.1  Bahan Dan Alat
Bahan : 60 skripsi ,12 Edisi majalah trubus, alat-alat tulis.
3.2  Cara Kerja
1.Dibentuk kelompok kerja yang terdiri dari 4-5 orang.
2. Setiap kelompok membaca 10 buah skripsi dan 2 majalah trubus .masing-masing majalah dipilih lima buah artikel.
3. Dibuat daftar judul dari hasil penelitian dan artikel pada  majalah trubus, maupun hasil yang didapatkan dan peluang usaha yang dapat dikembangkan dari hasil penelitian tersebu. Peluang usaha dapat  berupa produksi barang, industri pengolahan bahan baku menjadi setengah jadi, industri pengolahan bahan baku menjadi barang jadi, jasa (pelatihan,wisata, pendidikan), dan usaha perdagangan.













BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
4.1 Hasil Pengamatan
4.1.1 Tabel
NO
JUDUL
BIDANG PRODUKSI
BIDANG INDUSTRI
BIDANG PELAYANAN
BIDANG PERDAGANGAN
1
lengkeng gading si pendatang baru



-          Produksi buah lengkeng
-          Produksi pupuk daun
-          Produksi bibit lengkeng

- Syrup lengkeng
- Minuman Rasa Lengkeng

-Sewa Transportasi
-sewa pemeliharaan tanaman
- dagang buah lengkeng.
- dagang syrup lengkeng.
- dagang bibit lengkeng.
2
kebun manggis 5 tahun panen






-          Produksi buah manggis
-          Produksi pupuk daun
-          Produksi bibit manggis
-          Produksi kulit manggis
-Syrup manggis
-Jus manggis
-Ekstrak kulit manggis(pemutih)
-Obat kapsul dan
-sewa transportasi
-sewa jasa pemeliharaan lahan
-jasa penanganan pasca panen
- dagang buah manggis
-dagang bibit manggis
- dagang pupuk daun
3
Respon hasil padi gogo dan perubahan komposisi gulma pada sistem olah tanah dan cara aplikasi

-          Produksi padi
gogo
-          Produksi mulsa jerami
-          Produksi benih padi gogo

-beras,tepung beras,bubur, ketan.
-sewa transportasi pengangkutan hasil panen
- jasa perontokan gabah
- jasa penggilingan gabah
- perdagangan beras
- perdagangan benih padi
- perdagangan beras,bubur serta ketan.

4.2 Pembahasan
          Berdasarkan data diatas bahwa kewirausahaan diawali dengan adanya suatu tantangan dan. Dari tantangan tersebut timbul gagasan, kemauan, dan dorongan untuk berinisiatif, yang tidak lain adalah berpikir kreatif dan bertindak inovatif, sehingga tantangan awal tadi teratasi dan terpecahkan. Tidak adanya tantangan tidak akan kreatif, dan tidak kreatif tidak akan ada tantangan. Semua tantangan pasti memiliki risiko, yaitu kemungkinan berhasil atau gagal. Oleh karena itu, pelaku wirausaha adalah orang yang berani menghadapi risiko dan menyukai tantangan.
        Pada judul peluang usaha pertama yaitu “lengkeng gading si pendatang baru” disitu kita dapat menemukan peluang usaha yang sangat banyak antara lain di bidang produksi kita dapat memproduksi buah lengkeng segar yang langsung dipetik di pohonya,kemudian kita dapat mengembangkan bibit lengkeng dan menjualnya, kemudian pada bagian daunnya yang telah gugur kita dapat menjadikanya pupuk daun yang bernilai jual ekonomis. Pada bidang industri, lengkeng dapat diolah menjadi syrup lengkeng dan menjadi minuman rasa lengkeng yang kaya akan vitamin untuk tubuh. Dibidang pelayanan kita juga memiliki peluang usaha antara lain menyewakan transportasi pengangkutan barang hasil panen maupun pengangkutan pupuk daun serta dapat menyewakan tenaga kerja untuk pemeliharaan tanaman lengkeng tersebut. Kemudian dibidang perdagangan tentu saja kita dapat memperdagangkan hasil produksi buah lengkeng, bibit lengkeng dan pupuk daun. Begitu banyak peluang usaha yang kita dapatkan dari usaha dibidang tanaman buah-buahan ini.
        Pada judul peluang usaha yang kedua yaitu “ kebung manggis 5 tahun panen” dari judul tersebut kita sudah dapat menebak peluang usaha apa yang akan kita kembangkan. Untuk bidang produksi, kita dapat menghasilkan buah manggis,bibit tanaman manggis, kemudian bagian kulit manggis dapat dimanfaatkan menjadi beberapa olahan lalu sama seperti lengkeng, daun manggis dapat diolah menjadi pupuk juga. Kemudian dibidang industri, olahan dari buah manggis dapat berupa minuman manggis,syrup manggis,jus manggis, kemudian ekstrak kulit manggis dapat dijadikan lotion pemutih kulit, lalu ekstrak kulit manggis dapat dijadikan obat-obat yang berguna untuk macam-macam penyakit. Dibidang pelayanan kita dapat menyewakan jasa transportasi pengangkutan hasil panen buah manggis dan pupuk daun manggis ke pasar. Kemudian jasa penanganan pasca panen,  dan jasa pemeliharaan tanaman. Dibidang perdagangan, kita dapat menjual produk-produk dari bidang industri dan bidang produksi seperti buah lengkeng,syrup lengkeng, minuman lengkeng,pupuk daun,obat-obat herbal, dan produk lainya. 
        Pada judul peluang usaha ketiga yang diambil dari skripsi yaitu “Respon hasil padi gogo dan perubahan komposisi gulma pada sistem olah tanah dan cara aplikasi” memiliki beberapa peluang yang dapat dijadikan usaha yang cukup menjanjikan antara lain di bidang produksi, kita dapat memproduksi beras , benih padi , serta jerami yang dapat dijadikan mulsa. Kemudian dibidang industri olahan beras dapat dijadikan beras ketan,tepung kemudian bubur dan berbagai macam makanan lainya. Dibidang pelayanan, kita dapat menyewakan jasa perontok padi dan jasa penggilingan gabah kering panen serta jasa pengangkutan beras ke pasar. Kemudian pada bidang perdagangan kita dapat memperdagangkan hasil produksi serta produk industri seperti penjualan beras,bubur,benih padi, ketan dan mulsa jerami . banyak sekali peluang-peluang usaha yang dapat kita kembangkan dari beberapa judul yang ada pada majalah dan skripsi.
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
 Berdasarkan praktikum yang telah dilaksanakan, bahwa dapat disimpulkan :
1.      Dalam memulai wirausaha, kita harus terlebih dahulu memikirkan usaha apa yang akan kita kembangkan dan apakah peluang usaha tersebut akan memiliki prospek yang besar untuk masa yang akan datang. Peluang usaha dapat diambil dari beberapa sumber seperti skripsi maupun majalah.
2.      Dalam mengidentifikasi majalah atau skripsi,tentukan beberapa bidang yang akan dikembangkan misalnya produksi,industri,pelayanan, dan perdagangan. Setidaknya setiap bidang memiliki prospek usaha yang sangat dibutuhkan konsumen.
3.       Dari masing-masing sumber skripsi dan majalah populer, majalah memiliki beberapa keunggulan dalam mengambil peluang usaha antara lain, majalah populer memiliki beberapa tips untuk mengembangkan wirausaha contohnya saja budidaya manggis, perawatan bibit, pemasaran hasil. Didalam skripsi hanya tertuliskan keunggulan suatu varietas tanaman tanpa menyebutkan bagian-bagian usaha yang akan dikembangkan seperti perawatan kebun, pemeliharaan tanaman, serta prospek penjualan produknya.










DAFTAR PUSTAKA
Daniels, Aubrey C. 2005. Maximum Performance: Sistem Motivasi Terbaik bagi Kinerja Karyawan. Jakarta; Bhuana Ilmu Populer.
Meredith, G.G. 1996. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Binaman Presindo.
Nierenberg, Gerald I.. & Hendry H. Calero. 2008. Membaca Pikiran Orang Seperti Membaca Buku. Jogjakarta: Think.
Tantri, Francis Dr. 2011. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada














3 komentar:

  1. mas saya izin mengcopy sebagian laporannya untuk saya buat didalam laporan saya

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus